5 Mei & Ke Blitar (6 Mei 2016)

5 Mei 2016

Hari ini tidak jadi ke Blitar karena tiket kereta habis. Hari ini hanya baca-baca laporan KP dan baca buku distribusi listrik. Malamnya makan di Keprabon. Aku makan nasi goreng ayam dan minum es lemon tea bersama papa ibu.

 

6 Mei 2016

Pagi jam 1.30 aku bangun mandi kemudian jam 2 ke stasiun Jebres. Jam 3.46 berangkat dengan kereta Majapahit. Harga tiketnya Rp135.000/orang, sudah beli 2 hari sebelumnya di Indomaret dan ditukarkan dengan tiket beneran 1 hari sebelumnya di stasiun Jebres. Sekitar jam 8.40 sampai stasiun Wlingi. Kebablasan seharusnya turun di stasiun Blitar. Lalu beli tiket kereta Penataran/DOHO Rp10.000/orang untuk ke stasiun Blitar. Jam 9.40 kereta tersebut datang ke stasiun Wlingi dan sekitar 45 menit kemudian sampai Blitar. Turun di stasiun Blitar lalu ke makam Soekarno dengan 2 becak. Papa sendiri, aku dan ibu. Becaknya lebih kecil dibanding becak di Solo. Setelah menawar-nawar lama dari Rp25.000/becak jadi Rp20.000/becak. Jarak stasiun ke makam sekitar 3 atau 4 km.

Sampai di makam, ada museum dan perpustakaan. Ada patung Soekarno sedang duduk. Setelah itu ada makam Soekarno dengan kedua orangtuanya. Setelah itu di jalan ke pintu keluar banyak kios-kios souvenir. Aku beli kaos Blitar ukuran XL Rp30.000 setelah ditawar ibu dari Rp35.000. Standar ukuran kaos di tempat-tempat wisata lebih kecil dari biasanya, jadi beli XL.

pintu masuk ke makam Bung Karno

dengan papa ibu di depan pintu masuk ke makam Bung Karno

Setelah itu, ke stasiun dan jam 12.30 berangkat ke Tulungagung dengan kereta Penataran/DOHO Rp10.000/orang. Sekitar 1,5 jam kemudian sampai Tulungagung. Di sana mau beli tiket Malioboro Ekspress tetapi untuk hari ini dan besok hanya sisa 2 tiket. Kemudian menunggu hujan. Setelah reda, makan es degan dan tahu kupat. Setelah itu dengan becak ke Terminal Gayatri Tulungagung. Sekitar jam 15.30 sampai terminal. Kemudian naik bis Harapan Jaya (Rp11.000/orang) yang rame dari awalnya di Trenggalek sehingga berdiri terus. Sekitar 2 jam kemudian sampai Perempatan Ngobrakan Kediri dan turun di situ, karena bis akan mengarah ke Surabaya.

Kemudian membeli dodol pisang di perempatan tersebut dan menunggu di sana. Awalnya mau naik bis Eka tapi jadinya naik bis Sugeng Rahayu (Rp65.000/orang). Setelah beberapa jam naik bis, makan di rumah makan Utama Saradan. Makanannya prasmanan. Kemudian melanjutkan perjalanan dan sekitar jam 21.00 melewati rumah makan Duta Ngawi. Jam 23.00 sampai di depan RS Muwardi Solo. Kemudian turun dan naik taksi Mahkota ke rumah. Biaya taksi sekitar Rp33.000.

tiket PP Blitar Solo

Tiket berangkat ke Blitar (KA Majapahit & Penataran) dan pulang ke Solo (KA Penataran & Bis Sugeng Rahayu)

Leave a Reply